Lahan Nganggur Bandara YIA Ditanami Semangka, Panen 30 Ton

Lahan dalam kawasan bandar udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menghasilkan 30 ton buah semangka. Capaian itu diperoleh dari panen di lahan menganggur di timur kantor PT Angkasa Pura I (Persero).

Panen perdana buah semangka berlangsung Jumat (3/6/2022) pagi. Semangka panenan berupa jenis golden, black, dan lorek merah. “Menjadi suatu kebanggaan pula bagi kami bahwa YIA hadir sebagai penggerak dan pendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya dalam mendukung penguatan pangan,” kata General Manager PT Angkasa Pura I YIA, Agus Pandu Purnama dalam siaran pers tertulis AP I.

Semua berawal karena pandemi menghantam bisnis aviasi sepanjang dua tahun. Muncul inovasi pemanfaatan lahan sekaligus membersihkan lahan yang ada. AP I kemudian menggandeng masyarakat sekitar untuk manfaatkan lahan menganggur bandara sehingga menghasilkan.

Kelompok tani menanam di sana. Semua dimulai awal Februari 2022. Kelompok tani memerlukan empat bulan untuk serangkaian kegiatan, seperti pembersihan lahan, perataan tanah, pemupukan, pembuatan mulsa aliran air untuk siram, hingga panen. Sementara jangka waktu dari tanam bibit hingga siap panen lebih kurang 2 bulan.

“Inisiasi ini merupakan wujud inovasi bagi Angkasa Pura I YIA untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki YIA, khususnya lahan terbuka yang belum digunakan untuk pengembangan bandara tahap ultimate, dan salah satu solusi dalam membantu menjaga kebersihan di sisi darat kawasan YIA,” kata Pandu siaran persnya.

Semangka dengan umur 2,5 bulan rupanya menghasilkan hasil besar dan dianggap memuaskan.

"Ini baru percobaan,,” kata Pandu.

Keberhasilan ini membuat AP I akan mencoba lagi di jenis buah lainnya. Bandara YIA memiliki 110 hektar lahan potensial tanam. Sementara buah yang lain potensial baik hasilnya, seperti pepaya, melon atau buah-buahan yang bernilai ekonomi tinggi.

Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengapresiasi langkah pemanfaatan lahan tidur sebagai ide inovatif. Perkebunan buah bahkan turut andil meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar bandara. Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Pangan juga siap untuk mendampingi kelompok-kelompok tani dalam rangka untuk meningkatkan kualitas buahnya.

"Kita akan minta nanti Dinas Pertanian dan Pangan memberikan perhatian lebih dalam rangka perbaikan kualitas semangka atau tanaman lain yang ditanam di lahan YIA," kata Tri.