Dukcapil Kulon Progo Bekerjasama Dengan Pengadilan Agama Wates luncurkan Aplikasi 'PENCARKU'

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dukcapil bekerja sama dengan Pengadilan Agama Wates resmi meluncurkan aplikasi bernama 'PENCARKU', Rabu (24/2/2021).

Aplikasi ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat mengurus perceraian dan bisa langsung mendapat dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP berstatus 'cerai hidup'.

Ir. Aspiyah, M.Si selaku Kepala Disdukcapil Kulon Progo dalam sambutannya mengatakan 'PENCARKU' dimaksudkan untuk memberikan layanan dokumen kependudukan pasca perceraian sebagai komitmen dalam mengimplementasikan gerakan Indonesia Sadar Adminduk.

"Khususnya pada unsur keempat yaitu sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia," terangnya

Disamping itu, sambung Aspiyah, dengan adanya adanya Pencarku juga akan menjadikan data kependudukan lebih valid khususnya data perkawinan warga.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo yang juga menghadiri peluncuran itu mengatakan, publik jangan memandang hal ini justru mendorong perceraian.

"Ini bagian dari kewajiban melayani masyarakat yang memang akan bercerai, yang kami prihatin karena di Kulon Progo angkanya cukup tinggi," papar Sutedjo

Pemda mengapresiasi Pengadilan Negeri Kulon Progo dan Pengadilan Agama Wates yang bekerjasama dengan Dukcapil dalam melayani pengurusan dokumen kependudukan dan memenuhi kewajibannya sebagai pelayan masyarakat.

"Namun kami berharap adanya layanan ini, tidak mendorong tingkat perceraian, justru menekan angka perceraian serendah-rendahnya," pungkasnya

Dukcapil Kulon Progo dalam kesempatan yang sama juga menerangkan telah menggandeng PT Pos Indonesia dalam pengiriman dokumen kependudukan. Ke depan pemohon dapat mengakses aplikasi 'LAKONKU' untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan.

Dokumen yang sudah dicetak akan diberikan ke petugas Pos untuk didistribusikan ke pemohon yang berdomisili jauh dari Kota.